Pelatihan Pemetaan Di IPB (1)

Dalam kegiatan di alam bebas, penguasaan dan pengetahuan tentang ilmu pemetaan memegang peranan penting untuk menjamin agar para penggiat kegiatan alam bebas tidak tersesat pada saat melakukan kegiatannya.
Dengan mempelajari pemetaan seseorang dapat merencanakan suatu perjalanan dengan secermat mungkin dan mengetahui seperti apa medan yang akan dihadapi.
Secara umum, Peta merupakan suatu representasi di atas bidang datar tentang seluruh atau sebagian permukaan bumi yang dilihat dari atas dan diperkecil dengan perbandingan tertentu serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya baik secara visual maupun secara matematis. Peta sendiri berfungsi sebagai alat peraga untuk memberi informasi yang kemudian berkembang sesuai kebutuhan dan penggunaannya.
MATERI

PENGETAHUAN PETA

A. Tujuan
Memahami pengertian peta, jenis-jenis peta dan fungsi
Mengetahui kelengkapan peta, dan membaca peta
B. Materi pelatihan
Pengetahuan peta
C. Waktu pelatihan
6 x 45 menit
D. Kegiatan belajar mengajar
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan kepada peserta
E. Alat bantu/peraga
Peta skala 1:10.000 ; 1:25.000 ; 1:250.000
F. Penilaian
Penilaian dilakukan mengenai :
- Sikap peserta selama mengikuti pelatihan
- Hasil penugasan


Kegiatan Belajar 1:
PENGERTIAN, JENIS DAN FUNGSI PETA
A. Pengertian Peta
B. Jenis Peta berdasarkan isinya
C. Jenis Peta berdasarkan Skalanya
D. Jenis Peta berdasarkan tujuannya
E. Fungsi Peta
TUGAS KEGIATAN 1

Kegiatan Belajar 2:
KOMPONEN/KELENGKAPAN PETA, CARA MEMBUAT DAN MEMBACA PETA
A. Komponen-komponen/Kelengkapan Peta
B. Membuat Peta
C. Memperbesar dan Memperkecil Peta
D. Membaca Peta
TUGAS KEGIATAN 2

PENGERTIAN, JENIS DAN FUNGSI PETA
Setelah mempelajari uraian berikut ini, Anda diharapkan dapat:
1. menjelaskan pengertian peta;
2. menjelaskan jenis peta berdasarkan isinya;
3. menjelaskan jenis peta berdasarkan skalanya;
4. menjelaskan jenis peta berdasarkan tujuannya; dan
5. menjelaskan fungsi peta.
KOMPONEN/KELENGKAPAN PETA, KOMPONEN/KELENGKAPAN PETA, CARA MEMBUAT DAN DAN MEMBACA PETA
Setelah mempelajari kegiatan 2 ini, Anda diharapkan dapat:

1. menyebutkan komponen/kelengkapan peta;
2. menjelaskan arti legenda (keterangan) pada peta;
3. menjelaskan manfaat skala peta;
4. menjelaskan kontur dan ketinggian pada peta
5. memahami sistem koordinat
6. membedakan ketinggian tempat dengan melihat warna pada peta chonografi;
7. menunjukkan daerah yang curam dengan melihat garis kontur pada peta topografi; dan
8. menggambarkan macam simbol garis.
9. mengetahui langkah-langkah dalam pembuatan peta
10. mengetahui tata cara penulisan dalam peta
11. mengetahui cara memperbesar dan memperkecil peta
12. dapat membuat peta dengan alat bantu sederhana


Terima kasih Anda telah mempelajari materi materi ini dengan baik. Dengan memahami isi materi ini berarti Anda telah mengerti apa itu peta, jenisnya, fungsinya dalam kehidupan, cara membuat peta dan cara membaca peta.

SKALA DAN PROYEKSI

A. Tujuan
Mengetahui macam skala, cara mengubah dan menentukan skala
Mengetahui proyeksi peta dan macam-macamnya
B. Materi pelatihan
Pengetahuan skala dan proyeksi
C. Waktu pelatihan
4 x 45 menit
D. Kegiatan belajar mengajar
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan kepada peserta
E. Alat bantu/peraga
Globe, Atlas dan Peta
F. Penilaian
Penilaian dilakukan mengenai :
- Sikap peserta selama mengikuti pelatihan
- Hasil penugasan


Kegiatan Belajar 1:
SKALA PETA
1. Skala Peta
2. Cara Mengubah Skala
3. Cara Menentukan Skala Peta
TUGAS KEGIATAN 1

Kegiatan Belajar 2:
PROYEKSI PETA
1. Proyeksi peta
2. Macam-macam Proyeksi Peta
TUGAS KEGIATAN 2


SKALA PETA
Setelah selesai mempelajari kegiatan belajar 1 diharapkan Anda dapat:
1. menjelaskan pengertian skala peta;
2. menjelaskan macam-macam skala peta;
3. merubah skala peta; (Mengubah skala angka ke skala grafik, Mengubah skala garis menjadi skala angka, Mengubah skala angka menjadi skala inci – mil, Mengubah skala grafik menjadi skala mil-inci, Mengubah skala dengan sistem grid bujur sangkar (Gridsquare))
4. menentukan skala untuk peta yang tidak memiliki skala dan membuat skala
PROYEKSI PETA
Setelah selesai mempelajari kegiatan belajar 2 ini, Anda diharapkan dapat:
1. menjelaskan pengertian proyeksi peta;
2. menyebutkan syarat-syarat proyeksi peta;
3. menjelaskan macam-maam proyeksi peta;
4. menentukan jenis proyeksi dalam menggambarkan peta.


MEMBACA PETA SEBELUM KE LAPANGAN

A. Tujuan
dapat membaca peta dan medan di lapangan
B. Materi pelatihan
membaca peta sebelum ke lapangan
C. Waktu pelatihan
4 x 45 menit
D. Kegiatan belajar mengajar
diskusi, tanya jawab, dan penugasan kepada peserta
E. Alat bantu/peraga
Kompas, GPS, Altimeter, Protaktor
F. Penilaian
Penilaian dilakukan mengenai :
- Sikap peserta selama mengikuti pelatihan
- Hasil penugasan


Kegiatan Belajar 1:
Uraian materi :
A. Pengenalan alat navigasi
B. Kompas dan GPS
1. kompas, gps dan macam – macamnya
2. kompas, gps dan bagian – bagiannya
3. cara - cara menggunakan kompas dan gps
4. berjalan menurut kompas dan gps
5. mengatasi rintangan waktu berjalan menurut arah kompas
C. Arah, Azimuth dan Back Azimuth
1. pengukuran arah dan jarak
2. koreksi kesalahan
D. Mengenal Dan Membaca Peta Topografi Sebelum Ke Lapangan
1. mengenal puncak suatu gunung/bukit
2. mengenal punggungan dan lembah
3. mengenal daerah datar (landai) dan daerah terjal (curam)
4. mengetahui ketinggian suatu tempat
5. mengenal tanda medan
6. mengetahui/menafsirkan jarak


Kegiatan Belajar 2:
Uraian amateri ;
A. Orientasi Medan
1. resection (cara kebelakang)
2. intersection (cara kedepan)
3. beda resection dan intersection
B. Teknik Membaca Peta Topografi Di Lapangan
C. Menentukan arah selain dengan kompas
D. Kehilangan arah
E. Medan tidak sesuai peta


PENGINDERAAN JAUH

A. Tujuan
Memahami pengertian peta, jenis-jenis peta dan fungsi
Mengetahui kelengkapan peta, dan membaca peta
B. Materi pelatihan
Pengetahuan peta
C. Waktu pelatihan
6 x 45 menit
D. Kegiatan belajar mengajar
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan kepada peserta
E. Alat bantu/peraga
Peta skala 1:10.000 ; 1:25.000 ; 1:250.000
F. Penilaian
Penilaian dilakukan mengenai :
- Sikap peserta selama mengikuti pelatihan
- Hasil penugasan

Kegiatan Belajar 1:
PENGERTIAN PENGINDERAAN JAUH
A. Pengertian Penginderaan Jauh
B. Masukan Data Penginderaan Jauh
C. Alat Penginderaan Jauh
D. Sistem Penginderaan Jauh
TUGAS KEGIATAN 1

Kegiatan Belajar 2:
HASIL-HASIL PENGINDERAAN JAUH
A. Citra Foto
B. Citra Non Foto
TUGAS KEGIATAN 2

Kegiatan Belajar 3:
LANGKAH-LANGKAH YANG DITEMPUH DALAM MENDAPATKAN DATA DARI HASIL PENGINDERAAN JAUH
A. Interpretasi Citra
B. Unsur Interpretasi Citra
C. Interpretasi Citra pada Benteng Alam dan Benteng Budaya
TUGAS KEGIATAN 3


Kegiatan Belajar 4:
PEMANFAATAN PENGINDERAAN JAUH
A. Peningkatan Manfaat Penginderaan Jauh
B. Berbagai Pemanfaatan Penginderaan Jauh
TUGAS KEGIATAN 4


PENGERTIAN PENGINDERAAN JAUH
Setelah membaca kegiatan belajar ini Anda diharapkan dapat:
1. menjelaskan pengertian penginderaan jauh;
2. menyebutkan tenaga penginderaan jauh;
3. menjelaskan apa yang dimaksud dengan resolusi spasial;
4. membedakan antara sensor aktif dengan sensor pasif;
5. menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi tenaga matahari untuk sampai ke permukaan bumi; dan
6. menjelaskan istilah-istilah dalam penginderaan jauh.

HASIL-HASIL PENGINDERAAN JAUH
Setelah membaca kegiatan belajar ini Anda diharapkan dapat:
1. menyebutkan jenis-jenis citra;
2. membedakan jenis-jenis citra berdasarkan beberapa variabel;
3. menunjukkan citra foto vertikal dengan citra foto condong;
4. menyebutkan warna yang digunakan dalam citra foto; dan
5. membedakan citra tunggal dengan citra multispektral.

LANGKAH-LANGKAH YANG DITEMPUH DALAM MENDAPATKAN DATA DARI HASIL PENGINDERAAN JAUH
Setelah membaca kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat:
1. menyebutkan 3 langkah untuk mendapatkan data geografi dari hasil penginderaan jauh;
2. menjelaskan apa yang dimaksud dengan pengejaan ciri spektral;
3. menyebutkan 3 pengejaan ciri spektral;
4. membedakan unsur rona, warna dan bentuk dalam interpretasi citra;
5. mengidentifikasi bentang alam dengan mengamati hasil penginderaan jauh; dan
6. Membedakan beberapa unsur bentang alam dengan bentang budaya

PEMANFAATAN PENGINDERAAN JAUH
Setelah membaca kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat:
1. menyebutkan manfaat penginderaan jauh sebagai salah satu sumber informasi;
2.menjelaskan alasan mengapa pemanfaatan penginderaan jauh mengalami peningkatan yang pesat;
3. menyebutkan pada bidang apa saja penginderaan jauh dapat bermanfaat;
4. menyebutkan 3 manfaat dalam bidang sumber daya bumi dan lingkungan; dan
5. membedakan antara manfaat satelit NOAA, SPOT dan Seasat.
SISTEM INFORMASI GEOGRAFI


A. Tujuan
Memahami pengertian peta, jenis-jenis peta dan fungsi
Mengetahui kelengkapan peta, dan membaca peta
B. Materi pelatihan
Sistem informasi geografis
C. Waktu pelatihan
4 x 45 menit (3 jam) Materi dan 5 jam Praktek
D. Kegiatan belajar mengajar
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan kepada peserta
E. Alat bantu/peraga
Komputer/laptop
F. Penilaian
Penilaian dilakukan mengenai :
- Sikap peserta selama mengikuti pelatihan
- Hasil penugasan


Kegiatan Belajar 1:
PENGERTIAN DAN PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI (SIG)
A. Pengertian SIG
B. Pengelolaan Sistem Informasi Geografi (SIG)
C. Komponen-komponen dalam SIG
D. Cara Mengelola Informasi Geografi
TUGAS KEGIATAN 1

Kegiatan Belajar 2:
MANFAAT DAN KEUNTUNGAN SIG DENGAN MENGGUNAKAN KOMPUTER
1. Manfaat SIG dalam inventarisasi sumber daya alam
2. Manfaat SIG dalam Perencanaan Pola Pembangunan
3. Manfaat SIG dalam Bidang Sosial
4. Keuntungan SIG dengan menggunakan Komputer
TUGAS KEGIATAN 2


PENGERTIAN DAN PENGELOLAAN
SISTEM INFORMASI GEOGRAFI (SIG)
Setelah mempelajari kegiatan belajar 1 ini, Anda diharapkan dapat :

1. menjelaskan pengertian SIG;
2. menyebutkan tiga komponen dalam SIG;
3. menjelaskan cara pengelolaan informasi geografi; dan
4. membedakan data spasial dengan data atribut.


MANFAAT DAN KEUNTUNGAN SIG
DENGAN MENGGUNAKAN KOMPUTER
Setelah mempelajari kegiatan belajar 2 ini, Anda diharapkan dapat:
1. menyebutkan 3 manfaat SIG dalam inventarisasi sumberdaya alam;
2. menjelaskan manfaat SIG dalam merencanakan pola pembangunan;
3. menyebutkan 5 manfaat SIG dalam berbagai bidang; dan
4. menjelaskan keuntungan SIG dengan komputer dari segi keamanan dan penyimpanan.


PETA DAN INDERAJA

A. Tujuan
memahami petacdan indraja
dapat mengklasifikasi data
mengetahui pola kenampakan alam dari hasil pemetaan dan citra
B. Materi pelatihan
Peta dan indraja
C. Waktu pelatihan
3 jam (4 kali pertemuan)
D. Kegiatan belajar mengajar
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan kepada peserta
E. Alat bantu/peraga
Peta
Komputer/laptop
F. Penilaian
Penilaian dilakukan mengenai :
- Sikap peserta selama mengikuti pelatihan
- Hasil penugasan


Kegiatan Belajar 1 : PENGETAHUAN PETA DAN CARA MEMBUATNYA
Uraian Materi
A. Pengertian Peta
B. Komponen-komponen/Kelengkapan Peta
C. Cara Membuat dan Membaca Peta
D. Penjelasan Teknis Tentang Pengukuran Arah dan Jarak
Tugas 1
Kegiatan Belajar 2 : KLASIFIKASI DATA, TABULASI DAN PEMBUATAN GRAFIK SERTA PETA TEMATIK

Uraian Materi
A. Klasifikasi Data
B. Tabulasi Data
C. Grafik
D. Peta Tematik
Tugas 2
Kegiatan Belajar 3 : PENGINDERAAN JAUH
Uraian Materi
A. Pengertian Penginderaan Jauh
B. Sistem Penginderaan Jauh
C. Jenis Citra
D. Perbedaan Peta dan Citra Penginderaan Jauh
Tugas 3
Kegiatan Belajar 4 : POLA DAN CIRI KENAMPAKAN ALAM DARI HASIL PEMETAAN DAN INTERPRETASI CITRA
Uraian Materi
A. Interpretasi Citra
B. Pola dan Ciri Kenampakan Alam dari Hasil Pemetaan dan Interpretasi Citra
Tugas 4


PEMOGRAMAN PETA

A. Tujuan
Memahami pemograman untuk membuat peta
Membuat peta
B. Materi pelatihan
Pemograman peta
C. Waktu pelatihan
3 jam (4 kali pertemuan)
D. Kegiatan belajar mengajar
Diskusi, tanya jawab, dan penugasan kepada peserta
E. Alat bantu/peraga
Progam pemetaan (map info, arcview dan arcgis)
Komputer/laptop
F. Penilaian
Penilaian dilakukan mengenai :
- Sikap peserta selama mengikuti pelatihan
- Hasil penugasan


Kegiatan belajar 1 mapinfo
Uraian materi :
A. Pengertian mapinfo
B. Cara kerja
C. Hasil pemetaan

Kegiatan belajar 2 arcview
Uraian materi :
A. Pengenalan arcview
B. Screen digizing
C. Tabel dan chart
D. Proyeksi dan koordinat
E. Layout

Kegiatan belajar 3 arcGis
A. Uraian materi :
B. Pengenalan arcGis
C. Screen digizing
D. Tabel dan chart
E. Proyeksi dan koordinat
F. Layout

Kegiatan belajar 4 erdas
Uraian materi :
A. Akurasi
B. Klasifikasi terbimbing
C. Klasifikasi tak terbimbing
D. Koreksi geometris
E. Map composer
F. Subset image


LOKASI DAN WAKTU PELAKSANAAN
Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Pemetaan ini berlokasi di Fakultas Kehutanan IPB. Waktu pelaksanaan kegiatan ini direncanakan mulai Tanggal 24 januari 2010 (setiap sabtu-minggu ; selama 6 bln)

PELAKSANA KEGIATAN
Kegiatan ini secara umum dilaksanakan oleh TCO dan RIMPALA

PESERTA KEGIATAN
Peserta pelatihan ini adalah umum se-JABODETABEK. Jumlah peserta 100 orang


Informasi lebih lanjut hubungi :
Office : Komplek Indraprasta I Jl. Jakatawang No.6 Bogor

e-mail : tcindonesia@gmail.com; treeclimbersorg@yahoo.co.id
Telp : +62-251-8361250

ahdi muhtadin : 081347554948 amuhtadin@gmail.com
arwinda g kusuma: 085697818197 arwien rait kusumah
lingar sonagar igor: 08159109644
dodi ”odoy“ permana: 085718604761



Pelatihan Pemetaan Di IPB (1) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wido Cepaka Warih

2 komentar:

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya. Mohon kritikan dan sarannya ya :)

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...