Block Mountains

Block Mountains
oleh Wido Cepaka Warih (0906515105)

J. E. Spurr mengatakan bahwa pegunungan blok sebagai hasil akhir dari erosi yang terjadi di waktu Mesozoic. Pengangkatan area berlangsung terus sejak waktu itu tetapi ia berpendapat dengan tegas bahwa patahan terbaru yang menemukan ekspresi langsung didalam topografi.

A. Perkembangan Erosi Block Mountains
a. Masa muda
Pegunungan blok muda bentuknya tajam dan kaku/bersiku-siku, tidak simetris dan berupa daerah patahan. Contoh: Klamath, Oregon (dataran tinggi Columbia)
b. Masa dewasa
Contoh: Wasath Range, Great Basin di Utah dan Nevada. Fase dewasa:
1. Blok depan lebih curam dari blok belakang tetapi pembagiannya telah didorong kembali dan ada kecenderungan sama antara dua lereng. Garis paling bawah di kaki area jangkauan depan cenderung tinggal lurus, menunjukkan perubahan kecil dari masa muda. Garis paling bawah dan area jangkauan depan, disebut bagian muda, memotong bagian akhir struktur. Bentuk segitiga menandakan berakhirnya spurs di rupa pegunungan.
2. Jurang/ngarai muncul dalam rupa pegunungan, membuka tiba-tiba diatas tumbuh-tumbuhan. Lebar lereng tumbuhan, terbuat dari alluvial fan.
3. Indikasi dari pergerakan patahan baru-baru ini dapat terlihat didalam bentuk petak kecil dan scarp di tumbuhan alluvial di jangkauan area yang paling bawah. Danau, disebut danau lembah blok, dapat menempati penekanan antara kenaikan atau penurunan blok.
c. Masa tua
Pegunungan blok yang sudah tua bentuk asimetrisnya telah hilang. Bagian blok depan dan belakangnya sama. Spursnya telah kehilangan permukaan segitiganya dan sekarang berangsur-angsur menjadi dataran. Lembah blok antara area pegunungan blok dipenuhi oleh alluvium yang dikenal dengan tumbuhan balson, dari bahasa Spanyol yang berarti dompet. Contoh : Daerah California Selatan, Selatan Arizona dan Mexico baru.


B. Patahan
Dataran sebuah fault dapat berbentuk vertikan maupun horizontal
1. Normal Fault
Jika dataran fault hamper vertical dan ‘hanging wall’ turun, akan menghasilkan normal fault dan scarp yang terbentuk di permukaan tanah yang disebut fault scarp. Seringkali beberapa fault muncul bersamaan di fault zone, dan scarp yang dihasilkan adalah stepped. Atau dapat juga fault terpisah-pisah yang kemudian menghasilkan fault splinter.
2. Reverse fault
Jika ‘hanging wall’ mendapat tekanan, akan dihasilkan reverse fault.
Jika bidang reverse fault condong, maka biasanya akan terbentuk thrust fault.
3. Horizontal Movement
Kadang-kadang terjadi jika ada vertikal atau turunan yang tajam.
Graben dan horst
 Graben/slenk (tanah turun) adalah lapisan tanah yang terletak lebih rendah dari daerah sekelilingnya akibat patahnya lapisan sekitarnya.
 Horst (tanah naik) adalah lapisan tanah yang terletak lebih tinggi dari daerah sekelilingnya, akibat patahnya lapisan-lapisan tanah sekitarnya




C. Fenomena Patahan
1) Pola Drainase Lurus Dan Segi Empat
Sebagai contoh, suatu sungai kecil dapat mengembangkan banyak rentang lurus dalam jalurnya dimana ia mengikuti untuk menyingkat jarak-jarak daerah-daerah patahan atau sambungan kecil.
2) Patahan Kota New York
Pada batas-batas dari Kota New York ada beberapa kecenderungan patahan paralel satu sama lain dalam suatu arah bagian tenggara-barat laut. Masing-masing dari patahan ini mempengaruhi topografi. Di ujung utara diikuti oleh ujung barat dari Sungai Harlem. tentukan lembah Dyckman Street. Yang ketiga adalah pada One Hundred Twenty-Fifth Street, dimana ia menyebabkan tekanan Manhattanville pada kereta bawah tanah dan Riverside Drive yang dilaksanakan pada jembatan di atas jalan.
3) Patahan Terbaru
Jika kemiringan-kemiringan dataran aluvial suatu jalan seragam, lereng yang curam hasilnya adalah horizontal; tetapi jika aluvium berada dalam wujud kerucut atau kipas, seperti yang digambarkan di atas, lereng yang curam lewat akan berada di atas permukaan kipas. Bentuknya menjadi melengkung dan menentang suatu tumpukan batu di gunung es lalu memindahkannya. Pada Great Basin, banyak tingkat-tingkat horizontal dibentuk oleh pantai-pantai danau tua yang dapat dibedakan dari kurva patahan lereng yang curam yang naik turun di atas topografi. Patahan lereng yang curam, ketika dipandang dari atas, dalam bidang datar dari patahan, kelihatan lurus. Garis pendek tingkat-tingkat, sebaliknya, jauh lebih membengkok ketika dilihat dari atas, tetapi mereka terlihat dengan lurus sempurna ketika dilihat sejajar mata.Ada bukti bahwa patahan terbaru lereng yang curam tidak dihasilkan oleh suatu gerakan tetapi oleh langkah-langkah dari pengangkatan. Sebagai contoh, dimana mereka melewati khatulistiwa dataran banjir dari sungai kecil, mereka rendah. Ini menyatakan bahwa hanya pemindahan yang terakhir di sini dipelihara, catatan dari semua gerakan sebelumnya telah dihapus oleh sungai kecil.


D. Beberapa Aspek Geografi dari Block Mountains
Manusia berkumpul di sekitar situ dan membuat tempat tinggal. Di sana, air yang berlimpah didapat dari arus yang berasal dari bukit, di mana curah hujan lebih banyak dibandingkan di dataran biasanya. Pada kaki gunung dataran aluvial yang miring memberikan bantuan yang besar sekali berupa tanah yang subur akibat irigasi. Kebun yang baik akan dapat terproduksi dan pertanian yang intensif dapat dikembangkan. Pertumbuhan buah sangat penting di bawah kondisi yang baik dan subur. Beberapa hal yang penting dan produktif di daerah barat berada di block mountain. Contohnya, tambang tembaga Bingham yang terkenal di Oquirrh Range dekat Danau Salt Lake; Virginia City. Fakta pada Great Basin, tambang kemungkinan sama pentingnya dengan kombinasi kegiatan lainnya.Block mountain tidak pernah menjadi penghalang yang serius dalam rute transportasi. Rel kereta api melintasi daerah tersebut. Jalan tol, biasanya melintasi range yang lebih kecil.

E. Ilustrasi Pemetaan Block Mountains dan Patahan
Block mountain yang muda dan patahan yang baru terdapat di Klamath Lake, Ore., San Pedro, N. Mex., lembar menunjukkan beberapa patahan baru yang masih fresh.Block mountain yang dewasa dengan block basin yang besar dan danau sekali-sekali muncul dalam peta di Nevada dan Utah, seperti Lovelock dan Robert Mountain, Nev., dan Hawthorne dan Silver Peak, Nev.-Calif. Lembar menunjukkan banyak blok paralel dengan beberapa patahan baru yang jelas. Block mountain yang tua, dengan pediment yang melingkari aluvial, terdapat di Benson, Ajo, Phoenix, dan Camelsback, Ariz. Graben terdapat di Tehama, Calif., Castle Rock dan Montrose, Colo., dan Hamilton, Mont.-Idaho. Garis fault lereg yang curam dan blok lereng fault yang curam terdapat di Meriden, Conn., dan Ramapo serta celah bukit terlihat di Point Reyes, Palmdale, San Mateo, dan Del Sur, Calif

Pertanyaan:
1. Bagaimanakah semua pegunungan blok mengalami fase muda, dewasa dan tua?
2. Mengapa di sekitar dataran alluvial pegunungan blok tanahnya subur dan sumber airnya cukup?
3. Bagaimanakah perbedaan fenomena patahan di New York dengan patahan baru?
4. Apakah yang dimaksud dengan patahan sebagai batas rendah kelemahan?
5. Bagaimanakah kita bisa melihat dan membaca di peta topografi maupun geologi, kalau di suatu daerah terdapat pegunungan blok, patahan maupun sesar?
6. Apa yang disebut dengan Fault dan Graben ? Jelaskan bagaimana sebuah fault dan graben dapat terjadi pada sebuah blok pegunungan!
7. Bagaimana caranya membedakan sebuah fault scarp dengan fault line!Jika kamu berada di lapangan !
8. Bagaimana bentuk joint dapat dijumpai dalam sebuah peta topografi?


DAFTAR PUSTAKA


Bird, F.C.F, Coast, The M.I.T. Press.
Lobeck, A. K. 1989. Geomorphology : An Introduction To The Study Of Landscape Chapter XVI : BLOCK MOUNTAINS. New York : Mc Graw Hill Book co.
http://www.google.co.id/gambar/blockmountains.html

Block Mountains Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 komentar:

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya. Mohon kritikan dan sarannya ya :)

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...