Gempa Selatan Tasikmalaya 26 Juni 2010 5,8 Mw

gempa-tasikmalaya
gempa tasikmalaya (sumber: www.usgs.gov)
Sebuah gempa bermagnitude 5,8 Mw, dengan pusat di kedalaman 96,8 km telah terjadi pada 26 Juni 2010 pukul 16.50 WIB di Lautan Hindia sebelah selatan (80 km) Tasikmalaya. Dengan kedalaman hiposentrum seperti itu, bisa disimpulkan bahwa ini merupakan slab earthquake (patahan pada kerak samudera yang menunjam di bawah kerak akresi selatan Jawa Barat). Tahun lalu, gempa yang lokasinya di Samudera Hindia juga sekitar 80 km ke sebelah barat dari posisi sekarang terjadi lebih kuat (sekitar 7,0 SR) dan memakan banyak korban di bagian selatan Jawa Barat serta mengguncang Jakarta dengan kuat. Semoga gempa sore ini yang baru berlalu tak banyak memakan korban. Guncangan di selatan Tasikmalaya sekitar IV-V MMI, di Bogor sekitar II-III MMI.
Ini bukan gempa yang akan menyebabkan tsunami sebab cukup dalam dan magnitude-nya relatif kurang untuk membangkitkan tsunami, gempa sedalam itu dengan magnitude di bawah 6,5 Mw biasanya hanya akan menghasilkan blind fault (dies out upsection).
salam,
Awang

Sumber Artikel: http://geoblogi.iagi.or.id/

Gempa Selatan Tasikmalaya 26 Juni 2010 5,8 Mw Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wido Cepaka Warih

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya. Mohon kritikan dan sarannya ya :)

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...