Jalur Masuk UI

Universitas Indonesia sebagai Perguruan Tinggi ternama di Indonesia banyak menarik minat calon mahasiswa untuk mengikuti program pendidikan yang ada di Universitas Indonesia mulai dari program pendidikan Vokasi (Diploma 3) sampai dengan program pendidikan Doktor (S3). Ketertarikan ini disebabkan karena Universitas Indonesia menyediakan proses pembelajaran yang berkualitas sehingga lulusannya mampu bersaing di tingkat global. Lulusan yang berkualitas tergantung kepada dua faktor yaitu kualitas input (dalam hal ini calon mahasiswa) dan kualitas proses yang meliputi antara lain tenaga pengajar yang kompeten, infrastruktur yang memadai, metode pembelajaran dan lain-lain. Dalam rangka mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas tinggi, Universitas Indonesia melakukan proses seleksi yang ketat. Konsep penerimaan mahasiswa baru di Universitas Indonesia adalah:
1. Integration
Seleksi secara sentralisasi dengan prosedur operasional standar yang konsisten.
2. Excellence
Seleksi yang mampu menjaring calon yang siap berkembang bersama unggulan Universitas Indonesia, dan selaras dengan standar dan kebiasaan internasional.
3. Enterprising
Penyelenggaraan seleksi yang efisien berlandaskan cost recovery.
Program Pendidikan yang ada di Univ. Indonesia adalah:
  1. Vokasi (D3)
  2. S1 Regular
  3. S1 Paralel
  4. S1 Kelas Internasional
  5. S1 Ekstensi
  6. Magister (S2)
  7. Profesi
  8. Spesialis
  9. Doktor (S3)
Untuk siswa/lulusan SMA, jalur masuk yang dapat digunakan adalah:
  1. Seleksi Masuk Jalur PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar/PMDK) untuk Program S1 Regular, S1 Kelas Internasional dan Vokasi. Sekolah yang memenuhi syarat diundang untuk mengirimkan siswa terbaiknya untuk mengikuti seleksi PPKB. 
  2. Seleksi Masuk Jalur SIMAK untuk Program S1 Regular, S1 Paralel, S1 Kelas Internasional dan Vokasi (D3), dilaksanakan secara nasional serentak di kota-kota besar di Indonesia. SIMAK bukan jalur mandiri, karena besarnya Biaya Pendidikan telah ditetapkan sesuai SK Rektor (lihat BP). Khusus untuk S1 Reguler tersedia BOP Berkeadilan (Biaya pendidikan minimal Rp 100.000/semester dan Uang Pangkal NOL, bergantung pada kemampuan orangtua). Dengan sekali ujian, siswa SMA dapat memilih max 8 Program Studi di 4 Program Pendidikan. Seleksi direncanakan akan dilakukan tanggal 3 Juli 2011. Pendaftaran dilakukan secara online di http://peneriman.ui.ac.id yang direncanakan tanggal 3 - 24 Juni 2011.
  3. Seleksi Masuk Jalur SNMPTN yang terdiri dari jalur undangan dan jalur ujian. Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN dapat dilihat di http://snmptn.ac.id/
Untuk mereka yang telah memiliki ijazah jenjang Diploma/Vokasi
  • Seleksi Masuk Jalur Ekstensi yang ujiannya direncanakan dilaksanakan 7 Agustus 2011. Sedangkan pendaftarannya online di http://penerimaan.ui.ac.id direncanakan tanggal 4 - 29 Juli 2011.
Untuk mereka yang telah memiliki ijazah jenjang Sarjana
  1. Seleksi Masuk Program Pascasarjana (S2, S3, Spesialis, dan Profesi) gelombang 1 (satu) semester Ganjil TA 2011/2012 yang ujiannya direncanakan 17 April 2011. Pendaftaran online di http://penerimaan.ui.ac.id direncanakan tanggal 14 Februari - 1 April 2011.
  2. Seleksi Masuk Jalur SIMAK, untuk Program Magister (S2), Doktor (S3), Spesialis, dan Profesi dilaksanakan secara nasional serentak di kota-kota besar di Indonesia. Ujian direncanakan diselenggarakan tanggal 3 Juli 2011. Pendaftaran dilakukan secara online di http://peneriman.ui.ac.id yang direncanakan tanggal 3 - 24 Juni 2011.
  3. Seleksi Masuk Program Pascasarjana (S2, S3, Spesialis, Profesi) semester Genap TA 2011/2012 yang ujiannya direncanakan 4 Desember 2011. Pendaftaran online di http://penerimaan.ui.ac.id direncanakan tanggal 10 Oktober - 25 November 2011.
Sumber: http://simak.ui.ac.id/tentang-simak/arsip-berita/375-jalur-masuk-ui

Jalur Masuk UI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wido Cepaka Warih

1 komentar:

  1. Untuk Melihat Kuota dan Passing Grade Jalur Masuk Terbaru Universitas Indonesia plus kumpulan soal simak ui Lengkap
    Silahkan Buka Link Di Bawah
    http://febriantama96.blogspot.co.id/2016/03/kuota-dan-passing-grade-terbaru.html

    ReplyDelete

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya. Mohon kritikan dan sarannya ya :)

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...