Geografi Pemasaran: Analisa Bisnis Rental Mobil


ABSTRAK

“USAHA RENTAL MOBIL”
Ahmad Munawar, Wahid N, Wido Cepaka Warih
Mahasiswa Departemen Geografi Universitas Indonesia

Pertambahan jumlah penduduk akan meningkatkan kebutuhan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Peningkatan kebutuhan akan menyebabkan adanya peningkatan kegiatan, baik jumlah maupun jenis. Semua itu akan meningkatkan kebutuhan akan tanah atau tempat (Sandy, 1975).  Jumlah penduduk terus bertambah akan menyebabkan aktivitas masyarakat pun meningkat. Aktivitas manusia tersebut akan mempengaruhi lingkungannya, seperti sarana dan prasarana jaringan jalan yang digunakan dalam menunjang kegiatannya. Kebutuhan kendaraan semakin hari semakin meningkat, mereka menginginkan segala sesuatunya secara praktis dan mudah. Sehingga mereka memilih mobil untuk mengangkut semua anggota keluarga atau rekannya dalam satu kendaraan. Namun tidak semua orang telah memiliki mobil, peluang inilah yang dijadikan sebagai alasan penting usaha rental mobil. Rental usaha sewa mobil ini sangat menguntungkan sekali jika dijalani, karena banyak faktor tertentu yang membuat rental mobil sampai saat ini masih banyak diminati. Contohnya jika ada seseorang yang ingin bertamasya dengan keluarga atau sanak saudaranya dan mempunyai kendala dengan kendaraan maka orang tersebut dapat menyewa mobil di rental mobil.


Kata kunci: penduduk, kendaraan, sarana, kebutuhan,rental mobil







BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pertambahan jumlah penduduk akan meningkatkan kebutuhan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Peningkatan kebutuhan akan menyebabkan adanya peningkatan kegiatan, baik jumlah maupun jenis. Semua itu akan meningkatkan kebutuhan akan tanah atau tempat (Sandy, 1975).
Jumlah penduduk terus bertambah terutama di kota-kota besar akan menyebabkan aktivitas masyarakat pun meningkat. Aktivitas manusia tersebut akan mempengaruhi lingkungannya, seperti sarana dan prasarana jaringan jalan yang digunakan dalam menunjang kegiatannya.
Kebutuhan kendaraan semakin hari semakin meningkat, mereka menginginkan segala sesuatunya secara praktis dan mudah. Sehingga mereka memilih mobil untuk mengangkut semua anggota keluarga atau rekannya dalam satu kendaraan. Namun tidak semua orang telah memiliki mobil, peluang inilah yang dijadikan sebagai alasan penting usaha rental mobil.
Rental usaha sewa mobil ini sangat menguntungkan sekali jika dijalani, karena banyak faktor tertentu yang membuat rental mobil sampai saat ini masih banyak diminati. Contohnya jika ada seseorang yang ingin bertamasya dengan keluarga atau sanak saudaranya dan mempunyai kendala dengan kendaraan maka orang tersebut dapat menyewa mobil di rental mobil.





1.2 Tujuan Pemasaran
Penyediaan jasa rental mobil bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para myarakatas yang membutuhkan jasa tersebut. Kepuasan pelanggan tersebut menjadi salah satu tujuan besar  dari terciptanya jasa ini. Kepuasan konsumen menjadi tujuan karena dengan konsumen yang puas dengan kualitas yang diberikan mereka akan kembali lagi dan menjadi pelanggan dari jasa yang ada.

1.3 Target pasar
Target pasar utama dari jasa ini adalah secara umum dibedakan menjadi dua, yaitu: perorangan dan perusahaan. Yang dimaksud perorangan disini adalah pengguna atas nama pribadi, sehingga nama yang tercantum dalam surat perjanjian yang bertanggung jawab penuh atas kendaraan yang disewa. Sedangkan perusahaan disini adalah suatu badan, lembaga, organisasi dan lainya baik swasta ataupun milik pemerintah.











BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


Menurut Kotler (1990), pemasaran adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Sedangkan pertukaran adalah tindakan untuk memperoleh barang yang diinginkan dari seseorang dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran atau barter yang dilakukan masa sekarang pada umumnya menggunakan uang dengan harga (nilai) yang diinginkan.
Muhammad Firdaus (2008), mengatakan bahwa pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang harus dilakukan oleh para pengusaha termasuk pengusaha tani dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untukmendapatkan laba, dan untuk berkembang.
Berdasarkan definisi tersebut maka tujuan akhir dari pemasaran adalah menempatkan barang-barang ke tangan konsumen akhir agar tujuan tersebut tercapai maka perlu dilaksanakan kegiatan-kegiatan pemasaran yang dibangun berdasarkan arus barang yang meliputi proses pengumpulan (konsentrasi), proses pengembangan (equalisasi), dan proses penyebaran (dispersi).
Dalam melakukan kegiatan pemasaran, faktor lokasi sangat berpengaruh. Menurut Davies (1976), lokasi dapat membentuk dan persebaran dari masing-masing pelaku dengan menerapkan konsep lokasi dalam kegiatan pemasaran, seperti mendefinisikan dan mengoptimalkan wilayah penjualan, memilih saluran distribusi untuk produk, dan mengidentifikasi kebutuhan konsumsi, maka pemasaran dapat berlangsung secara efektif. Menurut Berry (1967) dengan adanya pasar sejumlah pembeli penjual melakukan transaksi dan harga serta pembayaran berdasarkan kesepakatan bersama. Jual beli akan terjadi jika supply and demand bertemu yang disebut dengan titik keseimbangan.


Teori Marketing Mix (4P)

Neil H. Borden dalam bukunya The Concept of the Marketing Mix pada tahun 1964, menyebutkan bahwa marketing manager sebagai “mixer of ingredients” atau orang yang menggabungkan bahan-bahan dalam pemasaran. Secara garis besar, bahan-bahan tersebut adalah 4P (product, price, promotion, place). Kaitan dengan tugas pemasaran yang menawarkan jasa sewa mobil adalah sebagai berikut:
Product, jasa yang ditawarkan berupa jasa sewa mobil. Produk atau jasa yang ditawarkan ini tidak memiliki kekhasan tersendiri yang dapat dibedakan dengan tempat lain karena jasa ini hanya memiliki sedikit perbedaan antara satu tempat dengan tempat lain yang menawarkan jasa yang sama.
Price, penentuan harga untuk sewa mobil berbeda-beda untuk tiap jam atau hari tergantung jenis mobil yang disewa.
Promotion, dilakukan untuk menjaring pasar secara lebih luas. Publikasi melalui media cetak, baik spanduk, banner, kartu nama, leaflet dan melalui internet. Publikasi dari mulut ke mulut. Menurut kami publikasi ini yang paling efektif karena calon pelanggan akan mendapatkan informasi langsung dari orang yang pernah mengalaminya, sehingga tingkat kepercayaanya lebih tinggi. Oleh karena itu kami berusaha meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap layanan kami, sehingga akan menimbulakan kesan yang baik untuk diceritakan kembali pada orang lain.
Place, lokasi yang paling potensial untuk usaha rental mobil ini adalah yang dekat dengan pusat keramaian, pusat kota, di dekat jalan raya dan di sekitar area yang penduduknya berusia pernikahan muda.




BAB III
PEMBAHASAN

Berdasarkan pengamatan dilapangan mengenai usaha rental mobil maka di dapat hal – hal sebagai berikut:
1. Target pasar
Pada umumnya, pengguna jasa rental mobil di bedakan menjadi dua kelas apabila dilihat dari penggunanya yaitu:
a. Perorangan
Yang dimaksud perorangan disini adalah pengguna atas nama pribadi, sehingga nama yang tercantum dalam surat perjanjian yang bertanggung jawab penuh atas kendaraan yang disewa. Lama pemakaian sangat bervariasi mulai dari 1 hari sampai 1 tahun. Jenis mobil yang digunakan umumnya citycar, sedan, minibus dan SUV
b. Perusahaan
Yang dimaksud perusahaan disini adalah suatu badan, lembaga, organisasi dan lainya baik swasta ataupun milik pemerintah. Untuk pelanggan perusahaan diperlukan dokumen – dokumen yang lebih lengkap. Umumnya lama pemakaian minimal 1 bulan. Jenis kendaraan yang digunakan umumnya kendaraan yang memilki kapasitas besar seperti minibus atau kendaran dengan spesifikasi 4WD (berpenggerak roda depan belakang)
Selain itu berdasarkan jenis kebutuhanya, pelanggan dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:
- Pengganti mobil pribadi.
Pelanggan jenis ini menggunkan jasa rental mobil apabila terjadi sesuatu dengan mobil pribadinya, misalnya rusak. Untuk lama pemakaian sangat sulit diprediksi tergantung apa yang menjadi masalahnya teratasi. Untuk jenis mobil yang digunakan umumnya berjeni citycar, sedan dan minibus. Umumnya kepentinganya sangat mendesak sehingga mengharuskan pelanggan untuk menyewa mobil sesegeraa mungkin
- Acara keluarga.
Pelanggan jenis ini tentunya digunakan untuk momen bersama keluarga sehingga jenis kendaraan yang digunakan adalah minibus. Untuk lama pemakaian umumnya bervariasi antara 1 hari sampai 1 minggu. Jenis penyewa ini adalah yang paling banyak pasarnya
- Kendaraan dinas harian
Pelanggan jenis ini dapat berupa perusahaan ataupun perorangan dimana mobil digunakan untuk kepentingan pekerjaanya sehari – hari. Jenis mobil yang umumny digunakan adalah jenis mobil hemat seperti minibus dan citycar.
- Keperluan kegiatan
Pelanggan junis ini membutuhkan kendaraan yang prima dan sehat, karena untuk digunakan untuk kepentingan suatu acara atau kegiatan penelitian. Lama penyewaan bervariasi anatar satu hari sampai satu minggu. Terkadang ada yang sampai satu bulan.
- Antar jemput
Umumnya hanya menggunakan mobil untuk melaukan antar jemput dengan menggunakan pengemudi, misalnya bandara, stasiun, terminal dan tempat – tempat lain. Jenis lainya seperti drop untuk daerah daerah di luar kota Jakarta. Untuk lama pemakaian tergantung jarak tempuh
- Pariwisata
Umumnya pelanggan jenis ini juga menyewa pengemudi untuk kepentinganya berkunjung ke tempat – tempat wisata.

Selain hal – hal diatas, target pasar dapat dibedakan berdasarkan pekerjaan dan penghasilanya, antara lain sebagai berikut:
- Pelajar/mahasiswa
Konsumen jenis ini biasanya hanya memakai mobil dalam waktu yang relatif singkat, yang digunakan hanya untuk keperluan penelitian atau acara yang sedang dikelola. Jenis ini membutuhkan kendaraan yang prima namun dengan tarif yang cukup rendah.
- Para pekerja lapangan
Konsumen dengan jenis seperti ini membutuhkan kendaraan yang sesuai dengan keperluan pekerjaanya, selain itu juga tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan dengan keperluan pribadi.
- Pekerja kantoran
Umumnya konsumen jenis inimenggunakan mobil rental untuk acara keluarga (bagi yang belum memiliki mobil)
- Kunjungan pimpinan perusahaan atau wisatawan
Jenis ini pada umumnya memerlukan kendaraan yang “stylish” serta memilki kesan elegan dan mewah. Konsumen jenis ini tidak terlalu bermasalah soal harga, asalkan kepuasanya terpenuhi.


2. Jenis produk
a. Toyota Avanza & Daihatsu Xenia
Produk jenis ini memilki beberapa keunggulan diantaranya
- Irit bahan bakar
- Kapasitas mencapai 7 orang
- Desain modern
Dengan keunggulan – keunggulan tersebut produk ini paling luas jangkauan pasarnya. Hampir semua kalangan dapat tersentuh oleh produk jenis ini. Harga pasar yang ditawarkan mulai Rp. 300.000/hari
b. Suzuki APV, Daihatsu Granmax & Daihatsu Luxio
Produk jenis ini memilki beberapa keunggulan diantaranya
- Ukuran kabin yang lebih luas
- Kapasitas mencapai 8 orang
- Harga sewa sama dengan Toyota Avanza & Daihatsu Xenia
Dengan keunggulan – keunggulan tersebut, target pasar yang dituju berbagi dengan produk Toyota Avanza, yang mana perbedaanya hanya berada pada ukuran kabin dan efisiensi bahan bakar.
c. Toyota Kijang Innova
Produk jenis ini memilki keunggulan sebagai berikut
- Ukuran kabin yang lebih luas
- Image mobil yang lebih berkelas dan prestos
Dengan spesifikasi demikian, target pasar untuk kendaraan jenis ini pun diatas dua jenis kendaraan sebelumnya. Umumnya pemakai adalah orang – orang dari kalangan menengah keatas. Harga yang ditawarkan mulai Rp. 450.000/hari
d. City car (Suzuki Splash, Toyota Yaris, Honda Jazz, Suzuki Swift) serta SUV (Daihatsu Terios)
Seperti halnya citycar pada umumnya, produk jenis ini memilki keunggulan pada style yang lebih berjiwa muda. Sehingga target untuk produk ini adalah kalangan anak muda atau professional yang ingin tampil trendy. Penggunaanya untuk pribadi karena kapasitas daya angkut yang lebih sedikit yaitu lima penumpang. Harga yang ditawarkan mulai Rp. 450.000/hari

e. Mobil nikah (Toyota Camry, Toyota Alphard, Mercedes-Benz C & E class, BMW seri 3)
Sesuai dengan jenisnya, mobil ini diperuntukan sebagai mobil pengantin, walaupun tidak tertutup kemungkinan untuk kegiatan lain Karena harga sewa yang sangat tinggi dan harus dengan pengemudi serta syarat – syarat administrasi lainya. Harga yang ditawarkan mulai Rp. 1.500.000/10 jam.

f. Double Cabin (Toyota Hilux, Mitsubishi Strada, Nissan Frontier, Ford Ranger)
Untuk produk ini tergolong produk khusus yang pemakainya oleh orang – orang tertentu dan biasanya dalam jangka waktu yang sangat lama, minimal satu tahun. Pembayaran atas nama perusahaan dan dilakukan dengan system pembayaran setiap bulan.

g. Bus Pariwisata
Termasuk dalam golongan ini adalah bus dengan kapasitas 15, 24, 36, 46, dan 59, baik AC maupun nonAc.
Kiat menarik pelanggan:
1. Performa kendaraan
Untuk selalu menjaga kondisi kendaraan agar tetap prima, armada kami selalu melakukan perbaikan secara berkala dan rutin pada bengkel resmi masing – masing produk. Kami member I garansi apabila kendaraan kami terjadi kendala yang menghambat keperluan penyewa, diluar kondisi pemakaian.
2. Aksesoris kendaraan
Untuk menigkatkan keamanan, kenyamanan, dan rasa percaya diri dari penyewa, kami akan terus meningktkan penambahan aksesoris pada armada kami.
3. Pelayanan setelahnya
Untuk mengetahui tingkat kepuasan dan saran dari penyewa, setelah menggunakan jasa kami, kami melakukan survey langsung melalui pesawat telepon.
4. Kebersihan kendaraan
Kami selalu menjaga setiap armada kami dalam kondisi bersih sebelum dipakai oleh penyewa, serta menjamin fitur – fitur yang ada berfungsi dengan baik dan tidak rusak.
5. Diskon menarik denagn syarat – syarat tertentu.
6. Layanan antar jemput mobil ke lokasi penyewa.
Dalam rangka menjangkau pasar dengan target yang lebih luas, kami juga menggandeng beberapa perusahaan agar jenis armada kami semakin beragam. Harapanya agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas tanpa perlu mengeluarkan pengeluaran yang banyak. Sehingga dengan adanya kerjasama ini, hampir seluruh jenis kendaraan dapat kami tawarkan kepada konsumen.
Cara – cara penawaran produk:
1. Publikasi melalui media cetak, baik spanduk, banner, kartu nama, leaflet dan lain sebagainya.
2. Publikasi melalui internet
3. Publikasi dari mulut ke mulut. Menurut kami publikasi ini yang paling efektif karena calon pelanggan akan mendapatkan informasi langsung dari orang yang pernah mengalaminya, sehingga tingkat kepercayaanya lebih tinggi. Oleh karena itu kami berusaha meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap layanan kami, sehingga akan menimbulakan kesan yang baik untuk diceritakan kembali pada orang lain.




















BAB IV
PENUTUP

           Usaha rental mobil memilki target pasar yang sangat luas, oleh karena itu diperlukan variasi produk yang dapat menjangkau semua jenis konsumen. Disamping itu persaingan dalam usaha rental mobil pun cukup ketat sehingga diperlukan suatu kreativitas untuk menarik para pelanggan, yaitu berupa pelayanan yang terbaik. Yang paling utama adalah tentang kepuasan pelanggan. Karena dengan demikian mereka akan memilki sebuah cerita yang dapat diceritakan pada orang lain yang ada disekitarnya. Dengan demikian secara otomatis mendapatkan keuntungan berupa publikasi meskipun tidak dilakukan publikasi secara langsung.


DAFTAR PUSTAKA

Anderson, Steven J., Volker, John X., Phillips, Michael D, Converse’s. Breaking-Point Model Revised. Journal of Management and Marketing Research.
http://bisnisukm.com/tips-sukses-jasa-rental-mobil.html (Diakses pada 23 Desember 2011 pukul 06:42)
http://www.ciputraentrepreneurship.com/kembangkan-uang-anda/12615-inilah-komponen-komponen-usaha-rental-mobil.html (Diakses pada 23 Desember 2011 pukul 06:45)
http://finance.detik.com/read/2011/08/28/163012/1712932/4/wow-omset-bisnis-rental-mobil-naik-3-kali-lipat (Diakses pada 23 Desember 2011 pukul 06:47)



Geografi Pemasaran: Analisa Bisnis Rental Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wido Cepaka Warih

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya. Mohon kritikan dan sarannya ya :)

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...