Profil KMP Desalinasi Tavarsina, Pulau Larat






Desalinasi air laut Tavarsina merupakan bantuan yang diberikan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil dibawah naungan Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, dengan sumber dana dari APBN tahun anggaran 2014. Pembentukan kelompok pengelola desalinasi Desa Ritabel, Pulau Larat  dibentuk pada tahun 2014. 

Jumlah pengurus kelompok  pengelola  sebanyak  5  orang  yang  terdiri atas  ketua,  sekretaris, bendahara,  teknisi dan operator dengan pembina dari Kepala Desa Ritabel. Kelompok  Masyarakat Pengelola  (KMP)  Desalinasi Tavarsina  Desa  Ritabel, Pulau Larat telah  mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari fasilitator Detructive  Fishing  Watch  (DFW)  Indonesia.  Pendampingan kelompok meliputi: pendampingan penguatan kapasitas  SDM KMP ,  pelaksanaan  pelatihan teknis dan manajemen, penguatan kelembagaan KMP serta pengembangan program inisiatif.  Diharapkan dengan adanya program pendampingan ini, masyarakat  menjadi  mandiri  dan  mengembangkan  aset  yang  telah  diberikan  oleh  pemerintah.

Tugas dari pengurus kelompok di antaranya mengelola dan memelihara desalinasi di Desa Ritabel, meningkatkan kesejahteraan anggota/pengurus kelompok melalui kegiatan desalinasi dan menguatkan kerjasama melalui kelompok. Kegiatan utama kelompok dalam bidang usaha adalah memproduksi air tawar dalam bentuk kemasan galon yang selanjutnya dijual kepada masyarakat di sekitar.


Profil KMP Desalinasi Tavarsina, Pulau Larat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wido Cepaka Warih

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya. Mohon kritikan dan sarannya ya :)

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...