Profil KMP PLTS Faduk Mavu Lamdesar Barat, Pulau Larat





Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Faduk Mavu merupakan bantuan yang diberikan oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE)  dengan sumber dana dari APBN tahun anggaran 2014 bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Pembentukan kelompok pengelola PLTS Desa Lamdesar Barat dibentuk pada 27 Agustus 2014. Jumlah pengurus kelompok pengelola sebanyak 7 orang yang terdiri atas ketua, sekretaris, bendahara, teknisi, operator dan anggota. Nama “Faduk Mavu” diputuskan bersama melalui musyawarah dalam rapat kelompok, yang berarti “cahaya pengetahuan”. Harapannya dengan adanya penerangan dari PLTS yang bersumber dari cahaya matahari ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman yang baru mengenai pemanfaatan energi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, misalnya masyarakat dapat bisa mengupas kacang tanah di malam hari, menenun kain Tanimbar, warga melaksanakan ronda malam, dan anak-anak sekolah belajar dengan semangat. 

Kelompok Masyarakat Pengelola (KMP) PLTS Faduk Mavu Desa Lamdesar Barat telah mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari fasilitator Destructive Fishing Watch (DFW) Indonesia. Pendampingan kelompok meliputi: pendampingan penguatan kapasitas SDM KMP, pelaksanaan pelatihan teknis dan manajemen, penguatan kelembagaan KMP serta pengembangan program inisiatif. Diharapkan dengan adanya program pendampingan ini, masyarakat menjadi mandiri dan mengembangkan aset yang telah diberikan oleh pemerintah.

Selanjutnya untuk memperkuat posisi KMP, maka adanya dukungan dari pemerintah daerah berupa SK Bupati Maluku Tenggara Barat Nomor 573-1365-Tahun 2015 Tanggal 20 oktober 2015 tentang Kelompok Masyarakat Pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Surya Desa Lamdesar Barat, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat Tahun 2015. Dengan adanya kelompok pengelola, masyarakat ikut andil dalam menjaga sarana dan prasarana yang ada, sehingga asas kebermanfaatan akan lebih terasa oleh semua kalangan (sampai saat ini penerima manfaat PLTS sebanyak 182 rumah, 10 fasilitas umum-fasilitas sosial, 188 KK, dan 742 jiwa).

Profil KMP PLTS Faduk Mavu Lamdesar Barat, Pulau Larat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wido Cepaka Warih

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya. Mohon kritikan dan sarannya ya :)

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...