Profil untuk Newsletter Prakarsa-KKP

WIDO CEPAKA WARIH

Fasilitator yang biasa dipanggil Wido ini adalah keturunan Jawa yang lahir dan dibesarkan di Purworejo, Jawa  Tengah. Sulung dari dua bersaudara ini berhasil menyelesaikan studinya di Departemen Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia (UI) angkatan 2009.

Semasa kuliah, Wido aktif dalam kegiatan organisasi kampus mulai dari Himpunan Mahasiswa Geografi (HMG), Koperasi Mahasiswa FMIPA UI, Ikatan Mahasiswa Geografi (IMAHAGI) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia. Wido juga berkesempatan mengikuti Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) XXIV Makassar, Pertukaran Pelajar di University of Malaya, Malaysia dan menjadi perwakilan dari Universitas Indonesia dalam ajang Indonesia Japan Joint Symposium (IJJS) di Chiba University, Jepang. Wido juga pernah bekerja dalam bidang pemetaan sebagai GIS Analyst di dua perusahaan swasta.

Ketertarikan Wido dalam dunia pemberdayaan masyarakat dan pendampingan dimulai ketika saat menjadi Pengajar Muda (PM) dalam Gerakan Indonesia Mengajar (GIM). Saat itu Wido menjadi PM di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung. Selain bertugas sebagai pengajar di sekolah dasar, Wido juga menggerakkan segenap elemen masyarakat untuk terlibat dan peduli pada pendidikan. Bahwasanya pendidikan adalah tugas dari setiap insan yang terlahir, pendidikan menjadi milik bersama secara kerja bakti dari kolaborasi semua elemen.
Saat ini Wido sedang menjalani tugas sebagai Fasilitator Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) Berpenduduk di Pulau Larat, Kab. Maluku Tenggara Barat. Kecintaannya pada negeri ini, berbagi dan dorongan untuk terus belajar menjadi motivasi kuat memilih untuk mendampingi masyarakat di PPKT.

Selain pendampingan sarana dan prasarana, fasilitator juga mengajak semua pihak untuk terlibat dalam mengelola sumber daya yang ada, salah satunya adalah potensi masa depan anak-anak di Pulau Larat melalui Gerakan Rumah Baca. Buku merupakan gerbang mereka untuk melihat dunia di luar sana. Sebagai inspirasi menggantungkan mimpi di sudut-sudut negeri setinggi langit menjulang. Mutiara yang akan menjadi harapan masyarakat di Pulau Larat.

Pulau Larat merupakan surga yang tersembunyi dengan sejuta makna dan potensinya. Sebagai salah satu ikhtiar bersama yang mengajak kolaborasi segenap pihak, maka muncullah inisiatif untuk membuat wahana bercerita kepada dunia melalui laman http://pesonalarat.blogspot.com. Laman ini merupakan sebuah jendela untuk membuka ruang kepedulian akan Pulau Larat. Semoga niat dan ikhtiar baik ini menjadi aksi yang terus positif dengan keterlibatan lebih luas.

Menjadi seorang Fasilitator bukan hanya bercerita mengenai bagaimana serunya mengarungi Laut Arafura dengan perahu ketinting, berceloteh riang bersama nelayan, atau menemani seorang nelayan rumput laut ketika sedang memerika long line budidaya, ataupun berbagi keceriaan bersama anak-anak negeri ketika senja menjelang di sebuah dermaga kecil desa di ujung timur pulau, tetapi sebuah proses pembelajaran tiada henti bersama kearifan masyarakat.

Dari masyarakat di Pulau Larat, kita bisa belajar untuk lebih arif dan bijaksana dalam mengelola segala hal, belajar kearifan lokal dan budaya mereka, belajar untuk tetap sederhana dalam mengelola sumber daya alam dan menjaga harmoni di pulau-pulau kecil terluar serta belajar memaknai setiap kebahagiaan.


Profil untuk Newsletter Prakarsa-KKP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...