Lamdesar Barat di Timur


Perjalanan kali ini tentunya akan membawa cerita dan kisahnya. Bukan perjalanan biasa, tetapi dalam rangka mengemban sebuah tugas. Tugas yang menyenangkan tentunya, karena dapat belajar banyak dari masyarakat dan mengenal mereka lebih jauh.
Tersebutlah suatu desa di ujung timur Pulau Larat bernama Desa Lamdesar Barat. Jangan sangka walaupun toponimi desa mengandung unsur arah mata angin, tetapi letak sebenarnya di lokasi adalah di sebelah timur.
Menurut penuturan dari Bapak Zadok Abiatar Fun (Kepala Desa Lamdesar Barat), asal usul nama dimulai ketika dahulu Lamdesar masih menjadi satu. Kemudian ketika dipisahkan mulai timbul permasalahan toponimi. Berhubung dari lokasi saudara kandung Desa Lamdesar Barat, yaitu Desa Lamdesar Timur yang sekarang dapat melihat jelas ujung timur Pulau Yamdena, oleh karenanya desa tersebut diberi nama Desa Lamdesar Timur. Di sebelah timurnya baru diberi nama Desa Lamdesar Barat. Begitulah kiranya.
Ini menjadi perhatian di mana peta pada umunya sebelum adanya revisi menampilkan toponimi desa Lamdesar Barat dan Timur sesuai arah mata angin. Dampaknya ke beberapa kebijakan pembangunan terjadi hal yang membingungkan, baik dari pusat maupun pemerintah daerah. Terkait dengan bantuan-bantuan maupun program yang diberikan. Untungnya hal itu sudah berlalu dan menjadikannya sebuah perbaikan dari ikhwal pengalaman di masa lampau. Begitu pentingnya pengaruh toponimi suatu daerah dan sejarah di baliknya perlu mendapatkan perhatian dan kerjasama dari semua pihak. Baik dari pemerintah daerah dan pusat. Pola komunikasi dari tingkat desa ke pusat maupun sebaliknya menjadi kunci sebuah sinergisitas pembangunan.
***

Lamdesar Barat di Timur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Featured Post

#25 Meraba Urat Nadi Kehidupan di Pulau Larat

Nelayan di Pulau Larat Geliat kehidupan di Pulau Larat dapat diraba dari interaksi warga pada sumber daya alam, tradisi, da...